1. Menambahkan tabel kosong
Tentu saja, Anda harus menambahkan sebuah tabel kosong pada lembar Word Anda. Cara menambahkannya cukup mudah kok, berikut ini cara-caranya:- Tempatkan kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda. Apakah Anda sudah menemukannya?
- Lalu, pilih tab Insert pada menu bar Word 2016, kemudian klik “Table” seperti gambar di bawah ini.
- Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
- Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda.
- Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik.
Untuk
berpindah dari satu kotak ke kotak sebelahnya, Anda bisa menggunakan
tombol Tab atau tombol panah pada keyboard. Jika kursor teks berada di
kotak terakhir, ketika Anda menekan tombol Tab, maka kursor teks akan
secara otomatis membuat baris baru.
2. Mengubah teks yang ada menjadi tabel
Suatu saat, bisa saja Anda menemukan teks yang bisa diubah menjadi tabel. Seperti pada contoh di bawah ini, dimana setiap baris teks berisi bagian dari checklist, tugas-tugas dan hari dalam seminggu. Item-item dari tiap bagian dipisahkan dengan tab. Word dapat mengubah informasi ini ke dalam tabel, dengan cara menggunakan karakter tab untuk memisahkan data ke dalam kolom. Berikut ini caranya:
- Pilih teks yang akan diubah menjadi tabel. Gambar di bawah ini adalah contohnya.
- Buka tab Insert, kemudian klik “Table”.
- Pilih “Convert Text to Table” dari menu drop-down.
- Selanjutnya,
akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah satu opsi pada bagian
“Separate text at”. Fungsi dari opsi-opsi ini adalah untuk mengatur
bagaimana Word mengetahui apa yang harus dimasukkan ke dalam setiap
kolom pada tabel yang hendak dibuat berdasarkan teks. Pada contoh kali
ini, kita akan memisahkan data dalam teks berdasarkan tab, maka pilih
“Tabs” pada bagian “Separate text at”.
- Klik OK. Dan voila, kini teks Anda sudah tersaji dalam bentuk tabel.
- Arahkan
kursor mouse Anda di luar tabel yang ingin Anda tambahkan baris atau
kolom. Untuk Word 2016, klik tanda plus yang muncul seperti pada gambar
di bawah.
- Dan voila, jadilah sebuah baris atau kolom baru yang ditambahkan ke dalam tabel.
Selain
dengan cara di atas, Anda juga dapat menambahkan kolom atau baris pada
tabel dengan cara klik kanan tabel, lalu pilih Insert untuk melihat
berbagai pilihan baris dan kolom seperti gambar di bawah. Anda bisa
memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta
menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang Anda klik. Cara ini
adalah cara satu-satunya untuk menambahkan baris atau kolom tabel pada
Word 2016 ke bawah.
- Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang ingin Anda hapus.
- Klik kanan, lalu pilih “Delete Cell”.
- Lalu,
sebuah kotak dialog akan muncul. Anda bisa memilih “Delete entire row”
untuk menghapus satu baris atau “Delete entire column” untuk menghapus
satu kolom, kemudian klik OK.
- Baris atau kolom sudah dihapus.
- Klik kotak mana saja di tabel Anda, lalu klik tab “Design” pada ribbon “Table Tools”.
- Cari bagian “Table Styles”, lalu klik drop-down “More” untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya yang tersedia.
- Pilih gaya tabel yang diinginkan.
- Dan jreng jreng, gaya tabel yang Anda pilih kini sudah diterapkan pada tabel yang Anda pilih.
- Klik pada kotak mana saja di tabel Anda, lalu pilih tab “Design” pada menu bar.
- Cari bagian “Table Style Options”, kemudian centang atau hapus centang dari opsi yang dikehendaki.
- Eng ing eng, kini gaya yang diterapkan pada tabel Anda sudah dimodifikasi.
Opsi-opsi
yang tersedia akan tergantung pada Tabel Style yang Anda pilih.
Sehingga opsi-opsi pada bagian “Table Style Options” bisa jadi memiliki
efek yang berbeda pada tabel Anda. Coba deh Anda lakukan eksperimen
untuk mendapatkan tampilan tabel yang Anda inginkan.
e. Mengatur border pada tabel
Apa itu border? Sesuai dengan definisinya dalam Bahasa Indonesia, border adalah garis yang membatasi kotak-kotak pada tabel. Kotak ini berfungsi untuk menegaskan perbedaan konten pada setiap kotak di tabel. Anda ga perlu untuk melakukan cara membuat garis di Microsoft Word untuk membuat border ini, karena Microsoft Word telah menyediakan perintah khusus untuk itu. Gimana cara mengatur border pada tabel di Word? Berikut ini caranya.
- Pilih kotak (atau beberapa kotak) pada tabel yang ingin ditambahkan border.
- Pilih tab “Design”, lalu pada bagian “Borders”, sesuaikan Line Style, Line Weight, dan Pen Color, sesuai keinginan.
- Klik panah drop-down di bawah “Borders”.
- Pilih salah satu jenis border dari menu drop-down yang muncul.
- Selanjutnya, Anda akan melihat border yang diterapkan pada kotak yang dipilih.
- “Rows and Columns”: Perintah ini berfungsi untuk memasukkan atau menghapus baris dan kolom tabel dengan cepat. Hal ini dapat sangat berguna jika Anda ingin menambahkan konten baru di tengah tabel Anda.
- “Merge dan Split Cells”: Beberapa tabel terkadang membutuhkan tata letak yang tidak sesuai dengan layout kotak standar. Anda bisa saja hendak menggabungkan beberapa kotak yang berdekatan pada tabel menjadi satu kotak atau membagi sel menjadi dua. Gunakan perintah ini untuk melakukan hal tersebut.
- “Change Cell Size”: Dengan perintah ini, Anda bisa mengatur tinggi baris atau lebar kolom pada tabel Anda sesuai keinginan secara manual. Anda juga bisa menggunakan perintah AutoFit, fitur untuk menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris secara otomatis berdasarkan teks yang berada di dalam kotak tabel.
- “Distribute Rows/Columns”: Agar tabel Anda terlihat rapi dan terorganisir, Anda bisa jadi hendak mendistribusikan baris atau kolom yang sama. Ini akan membuat kotak-kotak pada tabel Anda memiliki ukuran yang sama. Anda dapat menerapkan perintah ini untuk seluruh kotak pada tabel atau hanya sebagian saja.
- “Align Cell Text”: Dengan perintah ini, Anda dapat mengubah perataan teks di dalam tabel yang Anda buat. Anda bisa mengaturnya menjadi rata kiri atas, rata kiri tengah, rata kiri bawah, dan sebagainya.
- “Change Text Direction”: Dengan perintah ini, Anda dapat mengubah arah teks dari horizontal menjadi vertikal dengan mudah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar